Buat kamu muslim yang memiliki kreatifitas dan suka menulis, jika ingin kreatifitas kamu di tampilkan di IJTIHAD kamu dapat mengirimkan tulisan kamu ke UA_ARI@YAHOO.COM

Prediksi Kiamat Tidak ada yang tepat (bag 5)

Sudah terjadi dari dulu banyak orang yang mengklaim terjadinya kiamat pada tanggal-tanggal tertentu. Anehnya lagi yang dipilih adalah angka-angka cantik layaknya pemilihan angka menarik ketika beli voucer perdana. Dulu ada yang meramalkan bahwa kiamat akan terjadi tanggal 19 September 1990(19-9-1990) dan 9 September 1999 (9-9-1999). Namun ternyata prediksi yang ada ternyata keliru.

Beberapa ulama masa silam, memang ada yang sempat membicarakan waktu kapan terjadinya kiamat bahkan mereka memiliki kitab tersendiri yang membahas hal itu, diantaranya adalah Imam As Suyuthi. Begitu pula As Suhailiy mempredeksi datangnya hari kiamat dengan menghitung-hitung huruf muqoto'ah (seperti alif laam miim dan haamiim) yang berada di awal-awal surat dalam Al-Quran. Beliau memprediksikan bahwa kiamat akan terjadi 703 tahun setelah diutusnya Nabi (Lihat 'Umdatul Qori Syarh Shohih Al Bukhari, Badaruddin Al'Ainy Al Hanafiy, 7/424, Multaqo Ahlil Hadist, Asy Syamillah). Begitu pula yang belakangan meneliti hal serupa adalah Dr. Bahai. Beliau mengklaim bahwa kiamat akanterjadi tahun 1710 H. beliau melakukan perhitungan dari huruf-huruf muqotho'ah yang terdapat di awal-awal surat sebagaimana yang dilakukan sebelumnya oleh As Suhailiy, Dr."Umar Sulaiman Al Asyqor pun membantah pernyatan Dr. Bahai tidaklah sama dengannya. Merekan memilik cara perhitungan jauh berbeda. Inilah yang menunjukkan pula tidak terbuktinya penelitian mereka." (Disarikan dari "Al Yaumul Akhir: Al Qiyamah Asd Sdughro",hal 121-126).


Syaikul Islam Ibnu Taimiyah pun memiliki bantahan terhadap orang-orang semacam Dr. Baha'I dan yang sepemikiran dengannya. Beliau mengatakan, "Siapa saja yang menyibukkan diri memprediksikan terjadinya kiamat pada tahun tertentu, diantaranya yang menulis kitab "Ad Durro Al Munazzom Fii Ma'rifatii Al A'zhom" (dalam kitab tersebut disebutukan sepuluh dalil yang menunjukkan kapan terjadinya kiamat), begitu pula ada yang memprediksi dalam kitab "Huruful Mu'jam",atau dalam kitab 'Ango' Mughrib, atau orang-orang lain yang melakukan prediksi yang sama, walaupun itu dianggap suatu hal yang menakjubkan oleh pengikutnya, namun perlu diketahui bahwa yang mayoritas mereka adalah pendusta, yang telah tertipu, dan telah terbukti bahwa mereka berbicara tanpa dasar ilmu. Sungguh mereka telah mengklaim dan mngnungkap suatu yang ghoib tanpa dasar ilmu sama sekali. Padahal Allah Ta'ala berfirman (yang Artinya), "Katakanlah: "Rabbku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang Nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui"."(QS.Al A'rof:33)(Majmu 'Al Fatawa,4/342).

Dr. Umar Sulaiman Al Asyqor mengatakan, "Semestinya yang dilakukan adalah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasul SAW, para sahabat dan para ulama umat ini dalam sejarah. Seandainya membicarakan kapan terjadinya kiamat adalah suatu kebaikan untuk manusia, tentu Allah Ta'ala akan memberiktahukannya kepada mereka. Akan tetapi, Allah sendiri tidak memberitahukan hal tersebut. Maka inilah yang terbaik bagi mereka. "(Al Qiyamah Ash Shugro,hal. 122).


 

2 komentar:

  1. jika kepastian kapan kiamat akan datang, maka manusia pastia akan menjaga perilakunya

    dan sering berleha-leha dengan dunianya...

    kiamat adalah sebuah suprise dari ALLAH untuk manusia...

    BalasHapus
  2. semua nya kembali kepada ALLAH..
    hanya ALLAh yg mengetahui rahasia yg ad di dunia ini...
    Kapan berakhir na dunia ini hanya ALLAH Tuhan Semesta Alam yang Maha Tahu..
    Manusia hanya dapat memperkirakan nya...
    SEsungguhnya ALLAH telah Memberikan Tanda-tanda kebesarannya..

    BalasHapus