Buat kamu muslim yang memiliki kreatifitas dan suka menulis, jika ingin kreatifitas kamu di tampilkan di IJTIHAD kamu dapat mengirimkan tulisan kamu ke UA_ARI@YAHOO.COM

Siapakah Nabi Mu?

Jika sebelumnya saya memposting tentang Tuhan, kali ini saya membahas tentang Nabi, tentu kamu tahu siapa nabimu sebagai seorang muslim. Namun utuk lebih jelasnya tentang siapa dan apa tugas Nabi menurut al-quran, sebaiknya anda membaca artikel di bawah ini.


  1. Siapakah nabi mu?

Jawab: Surat (33) Al Ahzab ayat 40


Artinya :

[33: 40] Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu[1223]., tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.


Kandungan :

Nabi umat islam adalah nabi Muhamad SAW sebagai mana dijelaskan dalam surat diatas.

Nabi Muhamad adalah seorang manusia yang di utus oleh Allah setelah nabi dan rasul lain wafat. Nabi muhamad adalah Rasulullah dan nabi terakhir dan sebagai nabi penutup yang dikirim oleh Allah.




  1. Apa tugas dan wewenang Nabi Muhamad?

Jawab : Surat (2) Al Baqarah ayat 119


Artinya :

[2:119]. Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) tentang penghuni-penghuni neraka.



Kandungan :

Berdasarkan Surat (2) Al Baqarah ayat 119, Nabi Muhamad di utus kemuka bumi ini dengan membawa kebenaran serta berita gembira tentang hal yang diperintahkan oleh Allah dan memberi peringatan tentang hal hal yang dilarang oleh Allah kepada umatnya. Serta Nabi Muhamad selalu memberikan peringatan kepada umatnya agar menjalankan perintah Allah sebab apabila mereka ingkar maka mereka akan mempertanggung jawabkan kesalahan mereka di akhirat nanti dan menjadi penghuni neraka.




  1. Apa batas dan wewenang Nabi Muhamad?

Jawab: Surat (16) An Nahl ayat 82

Artinya :

[16:82] Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atasmu (Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang[834].


Kandungan :

Nabi Muhamad diberikan oleh Allah batas dan wewenang dalam membawa kebenaran serta berita gembira tentang hal yang diperintahkan oleh Allah dan memberi peringatan tentang hal hal yang dilarang oleh Allah kepada umatnya. Serta Nabi Muhamad selalu memberikan peringatan kepada umatnya agar menjalankan perintah Allah sebab apabila mereka ingkar maka mereka akan mempertanggung jawabkan kesalahan mereka di akhirat nanti dan menjadi penghuni neraka. Jika mereka masih tetap ingkar dan tidak mau mendengarkan maka kewajiban nabi Muhamad hanyalah menyampaikan amanat Allah dengan terang yang artinya nabi muhamad tidak dapat memberi taufiq dan hidayah kepada seseorang atau umatnya sehingga mereka jadi beriman.




  1. Siapakah yg mengatakan Nabi Muhamad itu Nabi mu?

Jawab: Surat (7) Al A'raf ayat 158

Artinya :

[7:158] Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk."

Kandungan :

Berdasarkan ayat di atas dapat kita ambil suatu pengertian bahwa yang mengatakan nabi Muhamad adalah nabi adalah Allah sendiri. Dan Allah menyuruh kepada nabi Muhammad untuk menyatakan bahwa dia adalah Rasullullah kepada semua umat manusia.



NB : klik Ayat untuk melihat hasil yang lebih baik



3 komentar:

  1. nabi saya, nabi muhammad saw
    terimakasih telah memberi penjelasan yang dalam untuk ini

    BalasHapus
  2. mmmmmmmmmm

    ternyata Muhammad SAW ya

    beruntungnya aku.

    BalasHapus
  3. @brontttthy >> sama2, karena hidup yang benar seharusnya memberi sebanyak2nya bukan menerima sebanyak2nya

    @fu_jhi >> muslim selalu beruntung ^_^

    BalasHapus